Atletico Terancam Gagal ke Liga Champions, Liverpool Bersorak

shape image

Atletico Terancam Gagal ke Liga Champions, Liverpool Bersorak

Gila Bola – Tahu gak apa hadiah yang diterima oleh Los Rojiblancos usai menyingkirkan Liverpool selaku juara bertahan Liga Champions? Atletico terancam gagal lolos ke kompetisi Eropa itu, musim depan.

Atletico Madrid mengejutkan seluruh dunia setelah mengalahkan Liverpool 4-2 agregat pada babak 16 besar Liga Champions musim ini, masing-masing dengan skor 1-0 di Spanyol dan 3-2 di Anfield. Habis sudah The Reds, sang juara bertahan.

Tapi sementara pasukan Diego Simeone itu sudah tidak sabar untuk melakoni perempat final Liga Champions musim ini, Atletico terancam gagal lolos ke ajang kompetisi yang sama musim depan.

Dengan mendung tebal membayangi Eropa, termasuk Spanyol sebagai negara kedua terburuk di dunia dalam jumlah yang terpapar, kecil kemungkinan Liga Spanyol bisa diselesaikan tepat waktu sebelum 31 Juli, dengan UEFA menginginkan bulan Agustus sepenuhnya didedikasikan pada dua kompetisi Eropa milik mereka.

Lalu bagaimana menetapkan siapa yang lolos dan siapa yang gagal ke turnamen Liga Champions dan Liga Europa? Belum lagi masalah menetapkan siapa juaranya (dan juga siapa terdegradasi) dengan Barcelona saat ini unggul dua poin di atas Real Madrid.

Namun hanya selang dua hari lalu UEFA sudah melunakkan sikapnya, mengizinkan liga-liga domestik di benua biru itu untuk mengakhiri musim di tengah jalan, jika terpaksa, “tapi dengan alasan-alasan olahraga” (sporting merit) untuk menetapkan siapa-siapa saja yang lolos ke Liga Champions dan Liga Europa. Maksudnya tentu melihat perolehan poin terkini di klasemen guna menetapkan kelolosan, bukan sekedar ranking tim di mata UEFA. Atau atas alasan suka-tidak-suka, rating televisi, jumlah penggemar dan selanjutnya.

Nah ini dia masalahnya. Los Rojiblancos tengah berada di posisi keenam klasemen Liga Spanyol dengan perolehan poin hanya 45, satu poin di bawah Real Sociedad dan Getafe pada urutan empat dan lima. Jika atas alasan “sporting merit” maka jelas Atletico terancam gagal lolos ke Liga Champions, hanya bisa bermain di Liga Europa. Itu akan menyebabkan Atletico berpotensi kehilangan uang dalam jumlah sangat besar, Rp 1,7 Trilyun dalam bentuk hadiah uang partisipasi dan hadiah juara.

Liga Belanda kemarin langsung memanfaatkan celah aturan UEFA ini untuk mengumumkan dihentikannya musim 2019/2020 tanpa ada juara, dengan Ajax Amsterdan dan AZ Alkmaar menduduki dua posisi teratas klasemen. Namun dua tim itu dikirim ke komeptisi elit Eropa. Hal ini terpaksa dilakukan KNVB karena pemerintah Belanda melarang acara-acara olahraga sampai dengan bulan September 2020.

Sumber: Atletico Terancam Gagal ke Liga Champions, Liverpool Bersorak
Berita Bola



© Copyright 2020 IKLANJEMPOL | Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast | Jasa Adwords Judi Online | Jasa Artikel SEO

Form WhatsApp

Kami akan segera mungkin merespons orderan anda.

Pesan Sekarang