Tuesday, 23 June 2020

5 Blunder David De Gea, Saatnya Man United Tunjuk Dean Henderson!

Gilabola.com – David De Gea kembali menuai sorotan usai melakukan blunder dalam laga imbang 1-1 Manchester United melawan Tottenham pada Sabtu (20/6) pekan lalu.

Bahkan legenda dan mantan kapten klub, Roy Keane, pun mengutuk keras performa kiper Spanyol yang sering melakukan blunder dan merugikan Manchester United.

“Mereka seharusnya jangan pulang bareng tim naik bus. Naik taksi sendiri saja sana ke Manchester!” omelnya.

Kendati manajernya, Ole Gunnar Solskjaer, kemudian membelanya dan mengatakan bahwa kipernya tetaplah kiper terbaik dunia, tapi memang De Gea saat ini sangat rawan dengan blunder.

Dan berikut 5 blunder terburuk kiper berusia 29 tahun tersebut, yang membuat United sudah saatnya mempertimbangkan Dean Henderson sebagai pilihan utama.

1. Juni 2020 – vs Tottenham

David de Gea membuat United harus tertinggal lebih dulu dalam lawatan ke Spurs di laga perdana mereka pasca lockdown karena kegagalannya membendung tembakan Steven Bergwijn.

Tembakan penyerang Belanda sebenarnya mengarah tepat ke arah kiper Spanyol, namun kiper Setan Merah itu secara mengejutkan melewatkan bola mengenai kakinya untuk menembus jala gawanya.

Menariknya Ole tetap membelanya, “Dia membuat penyelamatan hebat, dia memenangkan pertandingan bagi kami dan saya masih berpikir dia adalah penjaga gawang terbaik di dunia.”

2. Maret 2020 – vs Everton

Sangat ceroboh! Seperti Loris Karius di final Liga Champions 2018, De Gea membuat kesalahan yang tak berbeda dalam lawatan timnya ke Goodison Park melawan Everton.

Melihat Calvert-Lewin mendekatinya, kiper Spanyol justru berlama-lama dengan bola, akhirnya tendangannya berhasil diblok kaki penyerang The Toffes dan bola meluncur manis ke gawang United.

Namun bos Norwegia tak mau menyalahkannya dan berkata, “Ini adalah sesuatu yang terjadi di sepakbola sesekali jika Anda terlalu lama menguasai bola”

3. Desember 2019 – vs Watford

Manchester United terpeleset dalam kekalahan mengejutkan 2-0 di pertengahan musim ini melawat tim zona bawah Watford dan De Gea berandil besar dalam kekalahan itu.

Tembakan Ismaila Sarr sejatinya sangat pelan dan harusnya mudah ditangkan, tapi bola secara mengejutkan luput dari tangkapan kiper Spanyol seolah seperti menangkap belut yang lici,

Setelah pertandingan, Solskjaer mengatakan: “Itu kesalahan, itu terjadi di sepakbola dan itulah yang kami latih setiap hari untuk memastikan itu tidak terjadi lagi.”

4. Maret 2019 – vs Arsenal

Tembakan Granit Xhaka dari luar kotak penalti sebenanrnya tak terlalu keras dan bahkan sempat membentur tanah, tapi De Gea seperti tertipu dan tak berdaya untuk hanya bisa melihat bola meluncur mulus ke gawangnya.

Ole kemudian membela penjaga gawangnya dan mengatakan, “Dia kecewa setiap kali dia kebobolan gol karena dia adalah penjaga gawang terbaik.”

“Bola itu bergerak sangat aneh sehingga kelihatannya mengarah ke kiri dan kemudian berbelok arah.”

5. Juni 2018 – Portugal vs Spanyol

Kali ini di level internasional, tapi blunder De Gea ini disebut-sebut yang mengakhiri karir kiper Spanyol sebagai kiper kelas dunia yang kemudian menjadi penjaga gawang rentan blunder.

Dalam laga dramatis 3-3, tembakan Ronaldo dari luar kotak tampak lemah dan juga mengarah tepat ke arah De Gea, tapi kiper United itu secara mengejutkan ‘membiarkan’ bola luput dari tangkapannya dan kapten Portugal mendapatkan gol keduanya.

Manajer timnas Spanyol saat itu, Fernando Hierro, membela blunder kipernya dengan mengatakan, “Kami tidak memiliki keraguan tentang De Gea dan ia tidak memiliki keraguan tentang dirinya sendiri.”

Sumber: 5 Blunder David De Gea, Saatnya Man United Tunjuk Dean Henderson!
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola