Sunday, 7 June 2020

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Gila Bola – Mari kita lanjutkan perdebatan siapa yang terbaik, Ronaldo vs Messi. Siapa pencetak gol terbanyak, assist terbanyak, dan pengaruhnya terhadap kemenangan tim. Inilah data paling lengkap yang pernah ada.

Sudah 13 tahun Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bermain di sepak bola level tertingginya, dengan beberapa melibatkan keduanya sekaligus, misalnya partarungan Real Madrid vs Barcelona di El Clasico. Kita merupakan generasi paling beruntung bisa menyaksikan rivalitas antara keduanya, bahkan setelah CR7 pindah ke Juventus di Serie A.

Kami terlalu malas untuk melakukan riset ini sendiri sehingga ucapan terima kasih kepada teman-teman yang baik hati dari GloboeSporte.com, kita bisa menyaksikan data selengkap ini.

Ronaldo vs Messi: Jumlah Pertandingan Total

Ronaldo sudah mencatatkan 1.002 laga sepanjang karirnya, Messi 856 pertandingan. Hal ini terjadi karena CR7 dua tahun dan empat bulan lebih senior daripada La Pulga untuk urusan sepak bola profesional. Sang pemain Portugal memulai karir profesionalnya pada 13 Agustus 2002 untuk Sporting CP atau Sporting Lisbon. Sementara laga pertama Messi terjadi pada 16 Oktober 2004.

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Pengaruh Terhadap Kemenangan

Ronaldo vs Messi: Jumlah Gol Total

Ronaldo 725 gol sampai dengan hari ini, Messi 697 gol. Jika dibandingkan dengan jumlah laga yang sudah mereka lalui masing-masing maka perbandingan gol per laganya adalah 0,72 gol per game untuk CR7, sementara La Pulga 0,81 gol per game.

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Ronaldo vs Messi: Jumlah Assist Total

Dalam hal ini kita sudah tahu bedanya. Sang bintang Portugal mencatatkan 222 assist sepanjang karirnya, sang pemain Argentina 292 assist. Jika dirata-ratakan untuk jumlah pertandingan yang sudah dimainkan, maka jumlah assist per game Ronaldo 0,22. Sedangkan Messi 0,34 assist per game.

Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Ronaldo vs Messi: Partisipasi Gol (Gol+Assist) Total

Sebelumnya angka partisipasi gol (gol+assist) total dari mantan pemain Manchester United itu lebih tinggi daripada sang bintang Argentina. Tapi pada penghujung musim terakhir Ronaldo di Real Madrid (2017/2018), Messi mengambil alih angka partisipasi gol total ini. Bahkan penampilan Ronaldo di final Liga Champions tahun itu, plus di Piala Dunia 2018 di Rusia (4 gol plus 1 gol, tambah 2 assist) tak bisa mencegah dirinya dikudeta oleh Messi. Kini perbandingan keduanya adalah 947 banding 989.

Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Ronaldo vs Messi: Partisipasi Gol Rata-rata per Game

Untuk yang satu ini bukan hanya klub tapi juga melibatkan tim nasional masing-masing. Partisipasi gol pemain yang memiliki kampung halaman di Kepulauan Madeira itu adalah rata-rata 0,95 partisipasi gol per game. Sedangkan pemain yang memiliki kampung halaman di Rosario Argentina tersebut 1,16 per game. Sekali lagi perlu diingat bahwa yang dimaksud partisipasi gol adalah gabungan dari gol dan assist.

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Jika data partisipasi gol per game di atas dipisahkan untuk klub dan timnas maka di sini terlihat keunggulan Ronaldo yang memiliki rata-rata gol 0,60 gol per pertandingan untuk timnas Selecao, dibandingkan 0,50 untuk klub. Sebaliknya Lionel Messi lebih unggul gol per game untuk klub (0,87) dibandingkan tim nasional Argentina (0,75).

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan

Ronaldo vs Messi: Cara Mencetak Gol, Lihat Bedanya

Ini adalah bagian paling menarik dari perbandingan kedua pemain bintang ini. Perhatikan bagaimana mereka mencetak gol, yang memperlihatkan kekuatannya masing-masing. Ronaldo sedikit lebih komplit karena tendangan kaki kirinya dalam mencetak gol (17,9%) serta sundulan kepala (17,7%), kurang lebih sepertiga dari total jumlah gol dengan kaki kanannya (64,1%). Berbeda dengan La Pulga yang kaki kirinya sangat dominan (83% lebih), dengan kaki kanan hanya 12,9% dan sundulan kepala lebih langka lagi, hanya 3,4%.

Catatan: “perna direita” itu kaki kanan, “perna esquerda” kaki kiri, “cabeça” kepala, dan “outros” bagian tubuh lainnya. Perhatikan bedanya yang mencolok dengan kaki kiri Messi.

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Te

Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Te

Ronaldo vs Messi: Perbandingan Gol Bola-bola Mati dan Open Play

Ini juga merupakan bagian menarik dalam perbandingan antara kedua pemain hebat ini. Tabel yang pertama memperlihatkan gol dari hasil open play, sedangkan di bawahnya gol dari hasil pelanggaran, atau biasa kita sebut bola-bola mati.

Perbandingan gol bola open play

Perbandingan bola-bola mati Ronaldo dan Messi

Ronaldo vs Messi: Tingkat Kesuksesan Tendangan Penalti

Bagian ini merupakan yang paling ditunggu dari para penggemar CR7 karena memperlihatkan keunggulan sang pemain Portugal dari rival abadinya tersebut. Untuk jumlah gol dari titik putih, Ronaldo 121 gol, Messi 88.

Tingkat kesuksesan tendangan 12 pas dari pemain yang kini merumput di Juventus mencapai 84,03 persen, sementara untuk kasus yang sama sang bintang Barcelona hanya 77,19 persen. Dari seluruh kesempatan penalti yang diperolehnya, Ronaldo hanya gagal 23 kali, sedangkan Messi tingkat kegagalannya lebih banyak yakni 30 kali. Yang bikin hati perih, kegagalan itu mencakup sejumlah peristiwa sangat penting seperti melawan Islandia di Piala Dunia 2018 dan laga versus Chelsea pada semi final Liga Champions tahun 2012.

Jumlah gol-gol penalti kedua bintang

Catatan untuk tabel di bawah ini: “convertidos” berujung gol, “perdidos” gagal.

Persentase sukses dan gagal penalti Ronaldo

konversi penalti Lionel Messi, berapa gagal, berapa sukses

Baiklah, rasanya sudah terlalu panjang. Data-data ini bisa Anda gunakan untuk bahan perdebatan, akhirnya siapa yang lebih baik dari kedua pemain bintang kita ini: Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi?

Sumber: Ronaldo vs Messi, Gol dan Assist Terbanyak, Dampak Pada Kemenangan
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola