Monday, 6 July 2020

Daftar 4 Starter Terbanyak Liga Italia, Legenda Besar Semua!

Gilabola.com – Gianluigi Buffon memecahkan rekor starter terbanyak di Liga Italia pada laga hari Sabtu (4/7) WIB ketika penjaga gawang berusia 42 tahun itu memainkan pertandingan ke-648 pada laga Juventus vs Torino.

Mantan pemenang Piala Dunia itu melampaui rekor sebelumnya yaitu 647 penampilan yang dipegang oleh bintang besar AC Milan, Paolo Maldini.

Laga itu sendiri akhirnya berakhir manis bagi Buffon dengan Juventus berhasil memenangi derby Turin dengan kemenangan 4-1, sekaligus memperlebar gap menjadi tujuh poin dari Lazio pada urutan kedua. Dan berikut kami sajikan empat starter terbanyak dalam sejarah Liga Italia, dengan seluruhnya merupakan legenda besar dari empat tim berbeda!

Gianluigi Buffon – 648 Penampilan

Datang sebagai produk akademi Parma, Gianluigi Buffon muda berhasil melakoni debutnya bagi tim senior pada 19 November 1995 melawan AC Milan. Hebatnya lagi, Buffon berhasil mencatatkan gawang bersih pada laga perdananya dengan skor imbang 0-0, membuatnya kemudian berhasil menjadi kiper pilihan pertama semusim kemudian.

Di Parma kiper berjuluk ‘Superman’ itu mencatatkan 168 penampilan sebelum kemudian didatangkan Juventus pada musim 2001/2002 usai mengantarkan Gialloblu menjuarai Piala UEFA dan Coppa Italia. Bersama Juventus, karir Buffon semakin cemerlang, menjadi salah satu kiper terbaik dalam sejarah dan bahkan masih menampilkan performa kelas atas saat usianya mencapai  42 tahun. Di Turin, kiper kelahiran Carrara itu memenangi 9 Scudetto, 5 Coppa Italia, dan 6 Supercoppa Italia.

Paolo Maldini – 647 Penampilan

Bagi AC Milan, Paolo Maldini bukan sekedar legenda, tapi juga ikon yang mewakili kebesaran dan sejarah besar klub dengan menghabiskan seluruh karirnya di San Siro. Mewarisi kebesaran nama ayahnya Cesare, Paolo menjalani debut pada usia 16 tahun saat timnya melawan Udinese pada tahun 1985.

Sejak itu Paolo Maldini telah memenangi total 25 trofi bagi AC Milan, termasuk 5 piala Liga Champions, 7 Scudetto, 1 Coppa Italia hingga 5 Supercoppa Italia pada lemari pialanya. Kapten legendaris klub ini akhirnya pensiun di usia 41 tahun pada tahun 2009 lalu setelah menghabiskan 25 karirnya sebagai pesepakbola bersama satu klub saja, AC Milan.

Francesco Totti – 619 Penampilan

Sama seperti Maldini, Francesco Totti juga merupakan pemain satu klub saja, membela AS Roma antara periode 1992-2017. Debut pertama pemain berjuluk pangeran Roma itu terjadi pada musim 1992/1993 sebelum kemudian memutuskan gantung sepatu pada 17 Juli 2017 pada usianya yang ke-40 tahun.

Sayangnya bahwa selama membela Roma, Totti kurang memenangkan cukup trofi, dengan pencapaian tertingginya adalah saat memenangkan Scudetto ketiga klub pada 2001 silam dalam masa keemasan klub bersama Marcos Cafu, Hidetosi Nakata, Vincenzo Montella, hingga Gabriel Batistuta. Tak heran Totti kemudian pernah digoda Real Madrid untuk bergabung ke Bernabeu, tapi sang pangeran Roma menolak dan memilih tetap setia dengan klub masa kecilnya meski minim gelar. Nasibnya kurang beruntung saat ia mengalami konflik dengan presiden Roma dan memilih mundur lebih awal.

Javier Zanetti – 615 Penampilan

Menarik, saat semua legenda dan kapten besar tim lain merupakan produk anak negerinya sendiri, Inter Milan justru memiliki figur terbesar yang merupakan orang Argentina, Javier Zanetti. Ia bergabung ke Inter dari Banfield pada 1995, mulai dipercaya menjadi kapten tim pada 29 Agustus 1991 untuk menggantikan Giueseppe Bergamo.

Selama waktunya di Giueseppe Meazza, Zanetti membantu klub memenangkan 1 Liga Champions, 5 Scudetto, 4 Coppa Italia,  4 Piala Super Italia, 1 Piala UEFA dan 1 Piala Dunia Klub. Menariknya Zanetti pernah menjadi satu-satunya pemain non-Italia yang menjadi kapten untuk tim Serie A, dan terus memimpin klub hingga pensiun pada 2014 silam.

Sumber: Daftar 4 Starter Terbanyak Liga Italia, Legenda Besar Semua!
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola



source https://gilabola.com/italia/daftar-4-starter-terbanyak-liga-italia-legenda-besar-semua/