Saturday, 18 July 2020

David Luiz Terbaik, Aubameyang Kerasukan Thierry Henry Tadi Malam

Gilabola.com – Penampilan brilian dari David Luiz serta penyelesaian akhir tanpa kesalahan dari Pierre-Emerick Aubameyang pada masing-masing babak menyingkirkan sang juara bertahan Manchester City dari kompetisi Piala FA tadi malam.

Arsenal tampil luar biasa saat secara mengejutkan berhasil mengalahkan Manchester City pada semifinal Piala FA di Wembley, Minggu (19/7) WIB. Kurang difavoritkan usai kalah beruntun pada tujuh pertemuan sebelumnya, The Gunners justru berhasil unggul dulu menit ke-19 melalui pemain asal Gabon, Aubameyang.

Pertahanan rapat Arsenal yang digalang David Luiz berhasil mematikan serangan The Citizens saat anak-anak Pep Guardiola gencar melakukan serangan dan mendominasi bola untuk mencari gol balasan. Namun kapten Aubameyang kembali mencatatkan namanya di papan skor, mengakhiri perlawanan City dengan kemenangan 2-0 guna melaju ke partai puncak.

Penampilan tadi malam juga merupakan performa terbaik Mikel Arteta, mantan asisten Guardiola di Manchester City selama beberapa tahun terakhir, yang baru mengambil alih kursi pelatih kepala Arsenal pada pertengahan Desember 2019 dan kini menunjukkan peribahasa “guru kencing berdiri, murid kencing berlari” benar adanya. Dan inilah rapor pemain Arsenal vs Manchester City pada pertandingan semifinal FA Cup tadi malam.

Emiliano Martinez – (7/10) – Melakukan penyelamatan luar biasa atas upaya jarak dekat Riyad Mahrez. Martinez selalu nyaman bermain di belakang dan seolah-olah merupakan kiper utama dengan performa impresifnya sejak menggantikan Bernd Leno.

Kieran Tierney – (7/10) – Dengan cepat melihat celah saat garis pertahanan City terlalu maju ke depan dan mengirim bola lambung ke belakang pemain terakhir City untuk disambut Auba dan mencetak gol kedua. Tampil baik dalam menetralisir ancaman Mahrez di sisi kiri pertahanan.

David Luiz – (8/10) – Legenda Van Persie sampai menyebut David Luiz melakukan 26 kali blok terhadap bola. Bek Brasil tampil sangat kokoh di laga ini, tak terkalahkan di belakang dan sangat nyaman saat harus keluar sedikit dari pertahanan.

Shkodran Mustafi – (7/10) – Sempat mengawali laga dengan lambat, perlahanan Mustafi mulai masuk ke dalam permainan dan menghasilkan sejumlah tekel.

Ainsley Maitland-Niles – (7/10) – Tidak bermain di posisi alaminya, tetapi tampil baik dan berhasil mengeluarkan Mahrez dari permainan.

Hector Bellerin – (6/10) – Jarang maju ke wilayah pertahanan City karena dia sering berada di belakang. Tampil cukup baik di pertahanan.

Granit Xhaka – (7/10) – Beberapa kali menyelamatkan pertahanan Arsenal dari ancaman berbahaya City. Performa yang sangat baik dari gelandang Swiss belakangan ini.

Dani Ceballos – (7/10) – Tampak cerdas di lini tengah, melakukan beberapa gerakan bagus dan membantu Arsenal dalam menetralisir tekanan yang dilancarkan oleh City.

Pierre-Emerick Aubameyang – (8/10) – Tanpa kesalahan! Aubameyang dengan cerdik melihat celah di belakang Kyle Walker untuk menyambut umpan Nicolas Pepe dan menghasilkan gol pertama. Setelah itu berlari memanfaatkan ruang kosong di pertahanan City untuk mengejar umpan Tierney dan dengan dingin mencetak gol keduanya di kolong kiper Ederson. Keown pun menyebutnya kerasukan Thierry Henry!

Alexandre Lacazette – (7/10) –  Memimpin lini depan dengan sangat baik, mendukung Pepe dan Aubameyang dalam serangan dan membuka ruang, mengirim beberapa umpan jarak jauh yang bagus dan dia bekerja keras sepanjang laga.

Nicolas Pepe – (7/10) – Ini adalah performa yang diharapkan pada rekrutan mahal Pepe dari para fans. Winger 25 tahun mengirim crossing untuk gol Auba, selain dengan percaya diri saat menguasai bola dan melakukan beberapa trik di tengah tekanan pemain City.

Rating Pemain Pengganti Arsenal

Joe Willock – (6/10) – Memberi beberapa tekanan bagi pertahanan City untuk membuat mereka tak nyaman.

Lucas Torreira – (6/10) – Memberi energi tambahan di lini tengah.

Rob Holding – (5/10) – Tak cukup waktu dalam permainan.

Sead Kolasinac – (5/10) – Baru masuk menit ke-88 menggantikan Ceballos.

Sumber: David Luiz Terbaik, Aubameyang Kerasukan Thierry Henry Tadi Malam
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola